You are here

Kandidat untuk Director-at-Large di komunitas Drupal: Eduardo Garcia

Submitted by ardi on Mon, 15/02/2016 - 21:54

Komunitas Drupal tiap tahun nya mengadakan pemilihan untuk posisi Director-at-Large, untuk info lebih jelas nya silahkan klik link berikut ini.

Salah satu kandidat yang saya kenal adalah Eduardo Garcia, dan saya berkesempatan untuk bersuka rela menterjemahkan halaman informasi mengenai kandidat tersebut ke dalam bahasa Indonesia agar mudah di mengerti dan di pahami bagi para pemakai Drupal yang ada di Indonesia.

Berikut ini adalah terjemahan nya:


Tentang Saya:
Co-founder dari Drupal Shop yang bernama Anexus. Saya berusia 39 tahun, sudah menikah, dan seorang ayah dengan 2 orang anak yaitu: Axel dan Zoe.

Saya lahir di Kolombia dan sekarang berkewarganegaraan Kosta Rika; Saya telah tinggal selama 14 tahun di tempat yang ‘sempit’ itu yang berada di antara Amerika Utara dan Amerika Selatan.

Saya telah menggunakan Drupal 5 di awal tahun 2008 setelah bertahun-tahun bekerja membangun websites dari awal menggunakan PHP, dan setelah berbulan-bulan melakukan kontribusi kepada beberapa proyek PHP yang bertujuan untuk melakukan otomasi dalam pembuatan website.

Secara singkat, saya adalah seseorang yang tahu Drupal dari tiga poin yang berbeda yaitu, Developer, Community Leader dan Drupal business owner.

Motivasi:
Tahun lalu saya mencantumkan nama saya untuk duduk di posisi sebagai “Director at large” dan yang pada akhir nya jatuh kepada urutan nomor 3.

Meskipun saya tidak terpilih, namun saya tetap berkomitmen untuk memenuhi janji saya yang saya canangkan tahun lalu yaitu bagaimana mempromosikan komunitas Drupal di negara-negara berkembang; dan mendorong mereka untuk memecahkan masalah mereka sendiri, dengan tetap berhubungan dengan komunitas Drupal Internasional.

Dan akhir nya, saya memutuskan menggunakan dana pribadi saya untuk mengadakan tour Keliling Dunia selama 120 hari. Tujuan utama saya adalah untuk mempromosikan Drupal 8, proyek Drupal Console, dan melakukan komunikasi dengan komunitas lokal untuk mempelajari apa yang mereka butuhkan dan bagaimana orang-orang dari luar komunitas mereka dapat membantu perkembangan mereka sebagai sebuah komunitas.

Saya telah mulai melakukan perjalanan untuk menemui komunitas yang berada di negara seperti Amerika Serikat, India, Singapur, Vietnam, Korea Selatan dan Jepang. Masih ada tujuh negara dan 11 kota lagi yang masih harus di singgahi sebagai bagian dari tur.

Tetapi, pembelajaran saya mengenai komunitas berawal dari beberapa bulan sebelum penerbangan pertama saya, dan tentu saja, saya harus tetap berkomunikasi dengan komunitas lokal, yang di mana adalah sulit karena kebanyakan dari mereka menggunakan media informasi tersendiri untuk berkomunikasi.

Beberapa hal yang saya dapat dari komunikasi tersebut adalah:

  1. Mereka senang dan tertarik untuk menerima ‘orang dari luar’ yang ingin belajar dari komunitas mereka dan dapat membawa sesuatu yang dapat di bagikan yang berkaitan dengan pengetahuan.
  2. Mereka merasa terasing dan terbuang dari Asosiasi Drupal (Drupal Association). Intinya mereka tinggal di sebuah pulau, dan menggunakan CMS yang mereka temukan secara tidak sengaja.

Jadi, ide apa yang akan saya dukung di Asosiasi Drupal kali ini?

  • Membuat http://drupal.org untuk mempunyai terjemahan ke dalam berbagai bahasa sebanyak mungkin. Kurang nya isi dalam berbagai bahasa adalah keluhan pertama yang saya dapat setelah berbicara dengan orang-orang dari negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama mereka. Menurut saya ini adalah penting, tetapi para komunitas bersedia untuk membantu untuk membuat nya terjadi.
  • Mengadakan suatu alat yang dimana dapat memfasilitasi orang-orang untuk berhubungan dan berkomunikasi dengan komunitas lokal mereka, saya berpikir ini mungkin akan seperti perpaduan antara g.d.o (http://groups.drupal.org) dan https://drupical.com
  • Memperbaharui aturan Pedoman Etika dan Perilaku dari Drupal (Drupal Code of Conduct) untuk menambah perihal yang bertujuan untuk menghindari intimidasi kepada user yang tidak menggunakan bahasa Inggris di http://drupal.org. Saat ini, user yang mencoba untuk menyuarakan pendapat nya dengan tidak menggunakan bahasa Inggris mendapat pemberitahuan dengan segera bahwa hanya bahasa Inggris lah yang bisa digunakan.
  • Memberikan bantuan untuk memberikan suatu hadiah/apresiasi kepada pembicara untuk melatih orang-orang yang berada di negara berkembang, terutama jika mereka menggunakan bahasa daerah/nasional mereka sendiri.

Jika saya terpilih di dalam Asosiasi Drupal, saya akan mendukung proyek-proyek yang berkaitan dengan hal tersebut.

Berdasakan pengalaman saya selama 8 tahun bekerja sebagai Drupal Developer, Community Lead dan Company Owner di negara berkembang, saya ingin memberi Asosiasi Drupal perspektif yang berbeda tentang tantangan dan ide-ide mengenai bagaimana memperbaiki keberadaan Drupal di negara-negara di Amerika Latin, Afrika dan Asia.

Pengalaman:
Saya mengetahui Drupal pada saat saya mengerjakan proyek yang menantang, di karenakan saat itu waktu nya tidak banyak, dan saya tidak tahu harus memulai dari mana. Tetapi pada saat saya menggunakan CMS nya, saya langsung mendedikasikan diri saya untuk memimpin dan mengajarkan orang-orang di sekitar saya.

Meskipun pada akhir nya saya sempat mengalami frustasi dan proyek nya pun mengalami sedikit keterlambatan, namun pada akhir nya saya jatuh cinta kepada CMS nya.

Acara komunitas pertama saya adalah pada waktu tahun 2009 pada saat Drupal Camp Centroamericano pertama di Nikaragua di mana saya menjadi pengajar dan mempelajari banyak mengenai komunitas Drupal dan bagaimana produk tersebut dapat di percaya.

Setelah 2 tahun bekerja sebagai Drupal freelance, saya mengambil keputusan untuk membangun bisnis dengan mitra bisnis saya Kenny Abarca, perusaahan Drupal pertama di Costa Rica pada tahun 2010. Anexus merupakan perusahaaan pertama yang menggunakan Drupal di Amerika Tengah. Saya memegang jabatan yang mengatur aspek teknikal dari bisnis nya. Tetapi saya pun juga menjabat di berbagai posisi lain nya, salah satu nya adalah sebagai CTO. Meskipun begitu, tugas favorit saya adalah sebagai Drupal developer, di mana saya termotivasi, memimpin, mengawasi dan mendorong rekan kerja saya pada saat masih meng-coding selama 8 jam setiap hari.

Setelah Drupal Camp Centroamericano di Nikaragua, saya mulai mengadakan Drupal Meetups di Kosta Rika dan juga membangun komunitas Drupal dari awal. Sebagai hasil nya, kita berhasil mengadakan Drupal Camp pertama di Kosta Rika (Drupal Camp ketiga di Centroamericano) pada akhir tahun 2011. Kita pun juga mengadakan acara serupa di Kosta Rika setiap tahun nya.

Akhinya, komunitas Drupal memutuskan untuk membangun Organisasi Non-Pemerintah (NGO) yang di namakan “Drupal Costa Rica” di mana saya menjabat sebagai presiden nya. Kita pun juga merencanakan akan menggunakan Organisasi Non-Pemerintah tersebut untuk memfasilitasi kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan Drupal di Kosta Rika.

Add new comment

Filtered HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
Image CAPTCHA
Enter the characters shown in the image.